Dampak Pembatasan Truk pada perekonomian

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menjalankan program penggeseran jam operasional truk angkutan dari siang ke malam hari. Alasannya, selain karena truk berukuran besar, keberadaan truk di jalan arteri ataupun di jalan tol pada siang hari ikut menyumbang kemacetan parah di Ibu Kota.
Dengan dipraktikkannya pemindahan jam operasional ini, akan ada peningkatan kecepatan baik di jalan tol maupun di jalan arteri. Hasil analisis dampak kinerja lalu lintas pada 11 ruas jalan tol dan arteri Cakung-Cilincing menunjukkan, terjadi peningkatan kinerja pada empat ruas jalan tol, yaitu sebesar 17,67 kilometer (km) per jam. Lalu terjadi penurunan kinerja pada tujuh ruas jalan tol dan arteri Cakung-Cilincing sebesar 5,68 km per jam.
Secara total jaringan terjadi peningkatan 4,05 km per jam. Selain itu, terjadi juga penghematan bahan bakar sebesar Rp 40 miliar per tahun.
Memang dampak dari program tersebut semakin berkurangnya kemacetan yang ada di Jakarta, tetapi berdampak negative pada berjalannya aktivitas perekonomian yang sudah berjalan.dari program tersebut sangatlah berpengaruh terhadap transpotasi pengiriman barang, missal pengiriman bahan pokok makanan dan proses pengiriman barang ke luar pulau pastinya akan terlambat.
Program tersebut sangatlah merugikan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang.Para perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang pastinya berfikir ulang dan pastinya merubah semua jadwal keberangkatan yang selama ini telah berjalan.
Menurut saya semoga program yang saat sudah di jalankan bisa di patuhi para perusahaan yang merasa keberatan dan juga mungkin pemerintah memikirkan opsi program lain untuk pemecahan kemacetan di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: