Apakah internet itu

Seluk Beluk Internet
I. Apakah Internet itu ?
Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar, terdiri dari jutaan perangkat komputer yang terhubung melalui suatu protokol tertentu untuk pertukaran informasi antar komputer tersebut. Salah satu keistimewaan Internet adalah memungkinkan hampir semua jenis komputer dapat berhu­bungan satu sama lain mulai dari mainframe canggih diperusa­haan-perusahaan besar sampai komputer-komputer pribadi dirumah.
Komputer-komputer ini terhubung dengan berbagai cara antara lain melalui ISDN ( Integrated Services Digital Network ), pesawat telepon, serat optik dan bahkan melalui satelit. Semua komputer yang terhubung ke Internet melakukan pertukaran informasi melalui protokol yang sama yaitu dengan cara TCP / IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Kebanyakan komputer di Internet juga merupakan bagian dari jaringan yang lebih kecil dari suatu perusahaan atau institusi pendidikan. Berdasarkan perkiraan sampai bulan Januari 1995, tidak kurang sebanyak 20 juta buah komputer terkoneksi didalam Internet dan jumlah ini akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah penyelenggara Internet diberbagai negara. Internet tidak hanya merupakan jaringan komputer yang besar, melainkan juga membentuk suatu komunitas yang melampaui batas-batas suatu negara, menghimpun kelompok sosial, intelektual dan psikologik yang luas.
Internet sebagai suatu komunitas mempunyai peraturan-peraturan tertentu yang dikenal dengan istilah IRL ( In Real Life ). Setelah terkoneksi dengan Internet, berbagai program dapat di download secara gratis. Beberapa perusahaan komunikasi terkemuka mengembangkan suatu program komunikasi yang disebut Client Programs dengan tujuan untuk memudahkan pemakai dalam mengakses Internet. Client Programs ini merupakan suatu freeware/shareware programs , artinya bahwa program tersebut dapat di download oleh pemakai jasa Internet secara gratis atau hanya dipungut biaya yang sangat murah selama masa promosi. Selain program-program komunikasi yang berhubungan dengan akses Internet, informasi-informasi tentang perusahaan atau publikasi ilmiah dan hasil-hasil riset dari berbagai Universitas terkemuka dapat pula diperoleh tanpa dipungut biaya.
Timbul pertanyaan, siapakah yang membiayai Internet ? Jawabannya analog dengan jalan raya, dimana arus lalu lintas informasi didalam Internet dibiayai oleh badan-badan pemerintah atau perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dibidang pelayanan komunikasi-informasi, terutama di Amerika Serikat. Jaringan-jaringan informasi yang lebih kecil biasanya dibiayai oleh suatu organisasi lokal seperti Universitas. Di Inggeris terdapat sistim informasi utama bernama JANET yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan. Walaupun pertukaran informasi ini tidak dipungut biaya, namun para pemakai jasa Internet dibatasi oleh suatu kode etik informasi yang disebut Netiquette. Salah satu isi kode etik ini menyebutkan bahwa para pemakai dihimbau untuk tidak melakukan down­load file-file dari tempat yang jauh sementara komputer lokal yang lebih dekat juga menyimpan file-file informasi yang sama.
Kecepatan transmisi informasi melalui Internet bervariasi tergantung dari perangkat keras yang digunakan, jenis koneksinya dan kapasitas informasi yang sedang ditransmisi saat itu. Kecepatan akses melalui modem pada komputer pribadi dirumah lebih lambat dibandingkan dengan akses melalui lingkungan perusahaan atau institusi pendidikan.

II. Koneksi ke Internet
Salah satu cara koneksi ke Internet yang umum dilakukan adalah dengan cara akses dial-up menggunakan protokol yang disebut Account SLIP/PPP (Serial Line Interface Protocol/Point to Point Protocol) ke penyelenggara Internet setempat melalui pesawat telepon. Koneksi jenis ini memberikan keuntungan layaknya seperti hubungan telepon biasa karena merupakan koneksi yang bersifat sementara , artinya pemilik komputer pribadi hanya membayar ke penyelenggara Internet pada saat komputernya terkoneksi ke Internet saja. Sebelum melakukan koneksi ke Internet, diperlukan persiapan berupa perangkat keras dan perangkat lunak sebagai berikut :
A. Perangkat keras :
1. Komputer pribadi
Komputer pribadi yang perlu dipersiapkan adalah komputer dengan prosesor minimal jenis AT 486 dan RAM minimal 8 Mb (megabit) disertai hard disk minimal 1 Gygabite, sehingga dapat menjalankan Windows dan menyimpan file-file program.
Pemakai yang menginginkan akses informasi dalam bentuk grafis dan multimedia disarankan untuk mempersiapkan komputer dengan prosesor yang lebih mutakhir misalnya dari generasi Pentium dengan RAM minimal 16 Mb dan kapasitas hard disk yang lebih besar.
Saat ini sudah tersedia perangkat komputer multimedia dengan prosesor generasi Pentium 4 , RAM minimal 128 Mb dan kapasitas hard disk sampai 20 Gygabyte.
2. Saluran telepon
3. Modem
4. kabel UTP, hub atau Router

Pilih modem minimal berkecepatan 14,4 Kbps (kilobit per detik), namun disarankan lebih baik menggunakan modem dengan kecepatan 56 Kbps atau yang lebih besar agar akses ke Internet lebih cepat dijalankan. Saat membeli modem, hendaklah dipilih jenis yang mempunyai fasilitas error correction. Fasilitas ini diperlukan untuk mengatasi kesalahan (error) pada saat kondisi hubungan telepon tidak baik. Bila komputer pribadi sudah memiliki modem internal, perlu dilakukan set up konfigurasinya dahulu agar dapat dijalankan. Hubungi toko komputer terdekat bila mengalami kesulitan.
B. Perangkat lunak :
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk koneksi SLIP/PPP (Serial Line Interface Protocol/Point to Point Protocol) berupa Winsock (Windows socket) berikut program aplikasi Internet seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape atau Mosaic, Electronic Mail dan lain-lain merupakan freeware/shareware programs yang disediakan oleh penyelenggara Internet untuk para anggotanya. Paket program Windows 98 , Windows NT atau Windows 2000 biasanya sudah menyertakan aplikasi Internet didalamnya.

III. Sumber daya didalam Internet :
Terdapat beberapa sumber daya yang tersedia didalam Internet, antara lain :
1. Electronic Mail (Surat Elektronik)
2. Newsgroup dan Usenet
3. Telnet
4. Finger Service
5. Anonymous FTP
6. WAIS Server
7. Gopher
8. World-Wide Web

1. Electronic Mail
Electronic Mail atau Surat Elektronik ( disingkat e-mail ) merupakan sumber daya Internet yang paling banyak digunakan. Pengiriman surat secara elektronis jauh lebih efisien daripada pengiriman surat melalui pos, karena dapat sampai ke alamat penerima dalam waktu yang sangat singkat sehingga memungkinkan si penerima mengirimkan balasan terha­dap surat yang diterimanya dalam waktu yang singkat pula.Layaknya sebuah surat, maka e-mail terdiri dari 3 bagian yaitu header (kepala surat), isi pesan dan tanda tangan (Sig).
Header merupakan pesan e-mail yang digunakan oleh program e-mail dan terdiri dari beberapa “fields”, yaitu :
– from, berisi alamat pengirim e-mail
– to, berisi alamat penerima e-mail
– date, berisi hari,tanggal dan jam pengiriman pesan
– message id, berisi id yang digunakan oleh program e-mail
– subject, berisi pokok dari pesan e-mail
Isi pesan merupakan bagian e-mail yang berisi pesan-pesan yang ditulis oleh si pengirim Tanda tangan (Sig), dapat berupa gambar dari simbol karakter ASCII, nama dan alamat serta nomor telepon atau fax si pengirim. Program untuk menjalankan e-mail dapat diperoleh mela­lui penyelenggara Internet, dan yang banyak dipakai saat ini antara lain : Eudora, Lotus cc:Mail atau Microsoft Mail.

Finger Service
Sebagian besar sistem didalam Internet menawarkan fasilitas tentang informasi yang tersimpan didalam komputer seorang pemakai. Fasilitas ini disebut Finger Service. Seba­gai contoh, untuk mengetahui informasi tentang gempa bumi, pemakai Internet dapat menggunakan fasilitas ini dengan menghubungi username (nama pemakai) dari Universitas Washington di Seattle.
5. Anonymous FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah cara memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain melalui Internet. Salah satu sumber FTP yang tersedia di Internet adalah anonymous FTP yang dapat diakses tanpa memerlukan nama pemakai, jadi cukup menuliskan alamat e-mail pada password.
Penulisan alamat e-mail pada password ini adalah untuk menghindari penyalahgunaan layanan seperti pembajakan perangkat lunak dan untuk keperluan statistik. Jumlah file yang tersedia untuk anonymous FTP ini mencapai jutaan, sehingga menyulitkan pencarian.
Salah satu cara untuk mendapatkan file yang dibu­tuhkan adalah dengan menghubungi Archie Server yaitu tempat penyimpanan berbagai anonymous FTP yang disusun sesuai dengan topik yang dibutuhkan. Archie Server diibaratkan sebagai daftar katalog dari sebuah perpustakaan.
6. WAIS Server
WAIS (Wide Area Information Service) merupakan bentuk pelayanan lain untuk mendapatkan informasi yang tersebar didalam Internet. WAIS Server menyimpan database berbagai informasi, dimana untuk mendapatkannya pemakai diminta menspesifikasi keyword (kata kunci) dari informasi yang dibutuhkan. WAIS Server akan menampilkan hasil pencarian dalam sebuah daftar artikel.
7. Gopher
Gopher merupakan cara penjelajahan Internet yang berbasis menu. Sistem menu yang terdapat didalam gopher sangat sederhana namun bersifat interaktif, artinya apabila pemakai menghubungi gopher lokal misalnya di Jakarta, dengan memilih sebuah menu perintah, dapat pula menghubungi gopher yang terdapat di Amerika Serikat.
8. World-Wide Web (WWW) atau Web
Web merupakan sumber daya Internet yang memungkinkan pemakai dapat mengakses semua sumber daya lain didalam Internet baik yang berbasis teks maupun grafis bahkan multimedia.
Web berbasis hiperteks yaitu teks yang mempunyai hubungan interaktif dengan teks lain. Hubungan ini disebut hypertext link yang memungkinkan pemakai membaca dokumen sesuai dengan urutan yang dibutuhkan tanpa harus membaca dari awal hingga akhir. Metoda transfer teks didalam Web disebut http (hyper­text transfer protocol) yang dijalankan melalui protokol standar Internet yaitu TCP/IP.
Perangkat lunak untuk menja­lankan Web antara lain Netscape Navigator 2.0 dan NCSA Mosaic yang dapat diperoleh melalui penyelenggara Internet terdekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: